Kamis, 23 Agustus 2012

Kesalahan jaringan pada sisi software

Permasalahan yang sering muncul pada bagian software umumnya bisa dikelompokan atas:


  • Kesalahan setting konfigurasi jaringan
Kesalahan setting konfigurasi jaringan terjadi pada kartu jaringanyang menggunakan model ISA, karna kartu jaringan harus menentukan:
  1. Alamat port I/O
  2. Nomer interupt
  3. Direct Memory Acces Request line
  4. Buffer memory adres
  • Kesalahan protocol yang digunakan
hal ini sering terjadi pada kartu jaringan yang menggunakan slot ISA karena penentuan harus dilakukan secara manual.Apabila kartu menggunakan protocol jaringan model PCI hal tersebut jaringan terjadi apabila kita telah menginstal driver dengan benar
  • Kesalahan pengalamatan IP
setiap komputer dalam suatu jaringan merupakan identifikasi alamat yang unik,sehingga tidak diperbolehkan ada alamat yang sama.IP address dalam jaringan tidak diperbolehkan sama karena merupakan identitas untuk masing-masing komputer dalam jaringan untuk komunikasi data,jika terjadi alamat yang sama maka kedua komputer tidak dapat mengakses jaringan karena terjadi perebutan nomor alamat tersebut.
  • Kesalahan identifikasi client dan server komputer
penentuan antara komputer server dan komputer client harus jelas untuk untuk client server,berbeda pada jaringan peer to peer tidak ada penentuan client dan server.
  • Kesalahan servis network(file and print sharing)
servis network( file and print sharing) yang tidak aktif bisa dikarenakan file and print sharing yang kita hubungi sedang tidak aktif atau kita belum melakukan file and print sharing.
  • Kesalahan Security Sistem
kesalahan pemasukan pasword pada saat kita masuk dalam jaringan sehingga kita dapat masuk dalam jaringan karena kesalahan pengamanan(pasword).
Kerusakan  file program,sehingga perlu diupdate.
Kerusakan file program dapat menyebabkan sistem operasi tidak bisa berjalan atau menyebabkan kartu jaringan atau tidak dapat bekerja (tidak aktif).untuk dapat melakukan perbaikan dalam kesalahan-kesalahan software tersebut dapat dilakukan dengan setting ulang software sesuai dengan ketentuan dalam jaringan tersebut.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar